Minggu, 19 Februari 2012

upgrade akselarasi honda beat

disini saya coba membagikan sedikit info buat para skutik lovers
motor yg saya pakai adalah beat tahun 2010

sebenarnya honda beat sendiri sudah cukup memuaskan, dengan performa yg cukup merata pada putaran bawah maupun tengah, tapi ada saja para bikers kadang tidak puas:

untuk itu saya mencoba membagikan beberapa tips
diantaranya adalah upgrade cvt
kenaoa cvt? karena cvt ( continues variable transmission ) adalah piranti yg ambil besar dalam performa skutik
cara kerjanya sangat mirip dengan gear sepeda gunung.
Semua komponen CVT terdapat pada boks CVT atau secara kasat mata bentuknya adalah lengan ayun sebelah kiri motor matik kita, yang terlihat begitu besar dan berat. Disitu terdapat tiga komponen utama yaitu puly depan(Drive Pulley), puly belakang(Driven Pulley) dan v-belt. Puly depan dihubungkan ke crankshaft engine(kruk-as), sedangkan puly belakang dihubungkan ke as-roda. Yang menghubungkan puly depan dan puly belakang adalah v-belt.

Pada saat stationer atau putaran rendah, puly depan memiliki radius yang kecil dibandingkan dengan puly belakang atau rasio gigi ringan. Seiring dengan bertambahnya putaran mesin (rpm), maka puly depan radiusnya juga ikut membesar sedangkan puly belakang justru mengecil atau sama dengan rasio gigi berat. Untuk kerja v-belt hanya menghubungkan kedua puly tersebut agar dapat berjalan secara bergantian. Jadi saat puly depan membesar maka yang menyebabkan puly belakang mengecil adalah karena desakan dari v-belt, karena panjang v-belt selalu sama pada proses ini.


yang pertama adalah
roller weight
piranti bundar ini sangat berpengaruh terhadap performa si skubek andalan
jika berat standar adalah 13gr untuk merasakan akselarasi yg lebih asik
maka kita gunakan yg beratnya sedikit lebih ringan misal 12gr atau 11gr
dengan berat yg lebih ringan maka roller akan lebih mudah terlempar
sehingga memperngaruhi buka dan tutupnya pully depan seperti penjelasan
diatas, tetapi saya sarankan untuk tidak terlalu ringan karena roller yg terlalu
ringan karena roller yg ringan akan mudah terlempar tapi tidak mampu
menekan belt secara maksimal
untuk stop and go saya rasa cukup dengan menggunakan roller ukuran 9-11gr
tergantung bobot rider, tentu saja berbeda jika skutik tersebut telah melakukan
bore up, karena performa mesin jauh terdingkrak

simple saja , dibengkel langganan saya melakukan sedikit tes, dengan mesin
standar dan bore up yg sama-sama menggunakan roller variasi 8 dan 10gr
si standar justru kehilangan power diputaran tengah kira-kira di 40 s/d 60kpj
sedangkan si bore up justru melaju semakin menggila
tapi setelah beberapa bulan kemudian, si motor kembali dibongkar dan
ditemukan bahwa pemakaian roller kombinasi justru merusak
rumah pully 6 rumah roller lubang rumah roller tsb,
3 diantaranya mengalami pengikisan yg lebih dalam
mungkin karena perbedaan berat ini mengakibatkan 3 roller berat
bekerja lebih ekstrem dibanding roller yg ringan
ini pendapat saya saja hhe bisa saja berbeda dengan agan

top speed dipatok 100kpj?
ini jawabannya, sudah merupakan pengetahuan umum jika pabrik
sudah memberikan limit tertentu pada setiap karyanya, maka dari
itu pabrik berani memberi garansi 3 tahun,
sbenernya seperti ini

honda beat


Maksimalkan Top Speed

Dari varian skubek yang ada, top speed Honda BeAT seperti ada limiternya. Putaran atas dipatok 110 km/jam tidak lebih. Memang lumayan untuk ukuran motor standar.

Tapi, setelah dianalisis jalur atau track roller di mangkuk movable drive pulley jarak mainnya terbatas. Indikatornya penampang di ujung track bagian lingkar luar puli masih tebal. Wajar jika drive pulley kurang maksimal menekan belt.

“Tebal penampang sekitar 5 mm. Kalau track diperpanjang dengan mengecilkan penampang tadi, putaran drive pulley jadi lebih maksimal menekan belt.
Top-speed jadi terdongkrak.


Track roller di mangkuk movable drive pulley diperpanjang dengan mengecilkan penampang sisa 1,5 mm. Gunakan pisau tunner.

“Selain dipapas, track roller juga diampelas 1.000 agar halus. Dan teknik ini sendiri sama dengan meringankan beban roller hingga 2 gram. Jadi enggak perlu ganti ukuran roller.

Biar lebih terasa dan tidak menurunkan akselarasi, dianjurkan untuk mengecilkan derajat penampang puli sebagai alur berputarnya belt.
Standarnya 13° disarankan jadi 12°.

sumber: AGUS OC

saya pun menerapkan hal seperti yg dipostkan oleh bung agus tsb hasilnya skutik saya mampu menembus
120kpj. selain top speed terdongkrak cara ini juga menambah akselarasi diputaran atas tapi sayang cdi saya teriak atau mencapai limit ada saran dari mekanik untuk mengganti cdi dengan merek brt hyperband dengan bandrol 400ribuan.

berhubung keuangan tipis sayapn mengurungkan niat itu, sekarang saya cukup puas dengan performa matic saya.
berikut adalah spesifikasi skutik saya;
mesin : standar
klep :  standar
busi : iridium denso iu24
koil : blue thunder
kenalpot : semi free flow (bobokan)
roller : 11gr rata
shock : yss
ban : fdr ukuran sama kaya standar
percvt : ganjal ring

modifikasi rumah pully seperti saran bung agus oc 

catatan : untuk menembus top speed saya membutuhkan jalan yg jalur lurus sekitar 3kilo itu pun saya kira sudah mencapai limit

96 komentar:

  1. roller 11Gram rata mksudnya gmn?

    trus per cvt ganjal ring?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya 11gr semua. Kadang kan ada yg di oplos. Ada yag pake 11gr3,9gr3

      Hapus
    2. Maksudnya 11gr semua. Kadang kan ada yg di oplos. Ada yag pake 11gr3,9gr3

      Hapus
    3. maaf baru aktif lg karena lupa dulu waktu daftar pakai email yg mana haha.

      betul kata mas agam roller 11gram rata itu ga di kombinasi karena kalau kombinasi biasa dipakai untuk mesin boreup , dipakai di mesin std malah kurang enak ntar karena rollernya atau emang mesin nya yg apik klo di motor bore up.

      Hapus
    4. Bang kan bobokan itu beda beda spek nya misal ada yang jual gini " jual knalpot bobokan hengker parah spek 115" ada lagi yg jual "jual bobokan hngker parah spek 135" nah bedanya spek itu ngaruh ke apa nya sih bang ? Masih bingung saya

      Hapus
    5. mau nnya nih mesin stndar gan trus mau pake roler 10g rata kanvas ganda kawahara per kawahara 1500 klebihan ke kurangan nya apa

      Hapus
  2. berat rollernya jgn di selang selling gan.
    misal jumlah roller kan ada 6
    nah misalakan 3 roller pake berat 9gr dan 3 roller lainya pake berat 12gr

    klo per cvt di ganjal itu buat ngakalin kekerasannya
    oia itu ralat gan ga sampe 120kpj.
    soalnya itu kmren pake speedo koso limbahan ternyata eror
    skrng pake speedo standar ga sampe nembus segitu

    100 udah max bgt

    BalasHapus
    Balasan
    1. matic saya standar alhamdulillah...udah bisa nyampe kecepatan 108 kpj, jarak 3 km. Disini saya pakai pertamax

      Hapus
    2. gan ane pake beat carbu loler 10 gr rata per cvt pake punya beat injeksi emak ane, kok klok di gas spontan motor nya teriak ya tpi larinye gk sberapa

      Hapus
    3. Sudah ketemu gan solusinya?? Kl sudah bagi2 ke saya soalnya rubahan ente sama kaya ane. Blm dpt solusinya nih ane.

      Hapus
  3. kalok pakek per CVT TDR yang 2000 rpm pakek Roller'nya merk apa & yg berat berapa? motor saya beat standart

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya kalau per cvt 2000rpm di pakai untuk motor yg sudah bore up

      Hapus
    2. Per cvt nya kekerasan, turunin bang pake yg 1500 rpm aj

      Hapus
  4. kalo beat saya cuma ganti piston vario tingal pasang
    cvt pake punya vario 1 set,kalo ng mau repot tuker ma beat f1 biar ng usah bubut blok cvt nya karna mentok puli belakang
    di jamin tarikan emak
    mesin cuma di posting
    piston vario harga 100rb
    kenalpot std
    cvt vario 1 set
    top speed sampe 110

    BalasHapus
    Balasan
    1. punya saya pakai piston vario jalan sebentar doank, mesin udah panas nya ngeri

      Hapus
    2. Cvt set vario biasa/cbs? Termasuk belt vario?

      Hapus
    3. Pulley set Dewan/blakang brp?

      Hapus
  5. Beat saya standar,stlah saya ganti roller 9gr dan per cvt 1500 kok jadi suara ny ky ngeden...klo untuk jalan jauh bermasalah ga ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sorry gan, baru bales. kemaren lupa sama pasword emailnya. udah gitu lupa email yg buat recover passnya.

      mr.day : yg dimaksud kaya gan. klo lebih berisik pasti itu suara dari cvtnya , gan klo mesin standar usahain gausa ganti per cvt . diatasnya nahan

      donye fe : thanks gan infonya.

      Hapus
    2. Gini motor saya scoopy karbu mesin sama lah beat ,penggunaan daleman cvt saya rumah roller di bubut ujung wadah rollernya biar agak jauh lemparnya .roller 7 gram rata ye .percvt pakai 1000 rpm per kecil canvas cvt pakai 1000rpm juga v belt ganti pakai aftermaket yang lebih cihuy knalpot bobokan standar .klep inlet longgarin dikit ex di rapetin dikit , jamin putaran 6000 rpm dapet di 7.65 detik coba aja sendiri

      Hapus
    3. Gini motor saya scoopy karbu mesin sama lah beat ,penggunaan daleman cvt saya rumah roller di bubut ujung wadah rollernya biar agak jauh lemparnya .roller 7 gram rata ye .percvt pakai 1000 rpm per kecil canvas cvt pakai 1000rpm juga v belt ganti pakai aftermaket yang lebih cihuy knalpot bobokan standar .klep inlet longgarin dikit ex di rapetin dikit , jamin putaran 6000 rpm dapet di 7.65 detik coba aja sendiri

      Hapus
    4. Btw itu liat rpmnya pake apa? Pasang speedo aftrmarketkah?

      Hapus
  6. Setelah bubut permukaan puley jadi 12', vanbeltnya apa masih pkai standar ,, (kiringan vanbelt standar 13') apa gk selip mas?

    BalasHapus
  7. Motor ane beat injeksi gan, masih standart ting-ting ko, cuma ganti kaki"nya ke velg ring 17, knalpot tsukigi, sama lepas filter biar entengan haha. Kalo cm untuk harian termasuk ane yg mondar madir kerja, ane pake per cvt yg 1000 rpm, sm roller 8 - 10 gr, tadinya ane pake roller 10gr rata, tp berat banget / lama ngacirnya, setelah ganti 8 - 10 gr, sekarang udah jauh lebih enak. ane sengaja pake per yg 1000 rpm biar pas lagi putaran atas alias top speednya tetep bisa ngacir. alhasil top speed yg ane dapet 105 km/jam mentok ampe kedengeran limitnya haha, ya meskipun perlu jarak agak jauh (maklum masih standar ting-ting, haha).

    BalasHapus
  8. roller 13gram rpm 1500 gimana gan buat beat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mr gunawan heri : kalau pake roller 13 gram putaran bawah agak berat mas, tpi top speed lumayan dapet, saran saya ambil roller yg 12 gram, lebih pas rpm bawah dan atasny

      Hapus
    2. Mr gunawan heri : kalau pake roller 13 gram putaran bawah agak berat mas, tpi top speed lumayan dapet, saran saya ambil roller yg 12 gram, lebih pas rpm bawah dan atasny

      Hapus
    3. Mr gunawan heri : kalau pake roller 13 gram putaran bawah agak berat mas, tpi top speed lumayan dapet, saran saya ambil roller yg 12 gram, lebih pas rpm bawah dan atasny

      Hapus
  9. Saya cuman ganti roller 9gr smua..dan noken as saja sudah menembus 120km/h pada jarak 2km

    BalasHapus
  10. Gan beat saya tahun 2010 cuman pake rumah roller vario doank tapi di bubut roller.a pake 9gr rata sama di ganjel ring di ujung bosh.a top sped nyampe 110 kpj dengan jarak kurang lebih hanya 1stengah km...

    BalasHapus
  11. Gan Motor saya Beat lama dan saya ganti pake pully depan(rumahan roller) pake punya vario 110 dan saya pake roller 7gram seling 14 gram pertsvt nya 1500 rpm . Gimana menurut kalian gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rumah ruller vario merk ap?tdr,ktc,atau kawahara
      Brp harganya

      Hapus
    2. Rumah ruller vario merk ap?tdr,ktc,atau kawahara
      Brp harganya

      Hapus
  12. Beat sy 2010 prawan tingting, rollr 9 dan 11gr. Cm pake water injection tenaga lumayan ngisi sampe 90kpj cpt nyampe. Top speed 105.

    BalasHapus
  13. motor sya beat karbu , sya pke per cvt 1500 kwhara , rolernya 7 dan 9 tpi rasnya berat banget ya, cranya agar lebih responsiv di awal gimna ya gan? mohon bantuannya

    balas

    BalasHapus
  14. motor sya beat karbu , sya pke per cvt 1500 kwhara , rolernya 7 dan 9 tpi rasnya berat banget ya, cranya agar lebih responsiv di awal gimna ya gan? mohon bantuannya

    balas

    BalasHapus
  15. Motor saya beat fi gan , kalau misalkan pake piston vario 110cc enak ga ? Terus apa cuman ganti piston aja ? Bisa ga pinton vario 110 langsung di masukan tanpa merubah apapun ? Atau harus ada yang di rubah ? Mohon jawaban nya gan

    BalasHapus
  16. Motor saya beat fi gan , kalau misalkan pake piston vario 110cc enak ga ? Terus apa cuman ganti piston aja ? Bisa ga pinton vario 110 langsung di masukan tanpa merubah apapun ? Atau harus ada yang di rubah ? Mohon jawaban nya gan

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Gan mohon pendapatnya ya.
    Motor saya Beat FI...
    Saya ganti roller 8g, per cvt 1500rpm, per otomatis 1500rpm... Nah itu gimana gan?? tapi agak berat gitu narik gasnya. Kenapa tuh gan??

    BalasHapus
  19. Gan mohon pendapatnya ya.
    Motor saya Beat FI...
    Saya ganti roller 8g, per cvt 1500rpm, per otomatis 1500rpm... Nah itu gimana gan?? tapi agak berat gitu narik gasnya. Kenapa tuh gan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bro nizar, gue juga pake beat fi. menurut gue itu rollernya terlalu ringan, coba naikin ke 11/12. Gue roller pake 11gr dan per cvt yg 1500rpm. Tarikan awal dapet, dan naik speednya juga dapet

      Hapus
  20. Gan mohon pendapatnya ya.
    Motor saya Beat FI...
    Saya ganti roller Kawahara 8g, per cvt KTC 1500rpm, per kampas KTC 1500rpm... Nah itu gimana gan?? Saya coba kenceng, tapi ya aga berat gitu narik gasnya. Kenapa tuh gan??

    BalasHapus
  21. gan saya pake beat karbu, saya pake roller 9gram tapi hanya di pakai cuman 3, per cvt standar bawahan emang enteng tapi top speed kurang kecuali lagi mudun wkwk... saya suka dengan suaranya jika pakai roller nya cuman 3,apakah tidak merusak komponen ?

    BalasHapus
  22. gan yang cocok buat tanjakan sama pemakaian hari" yang jarak jauh enakan pake roler dan per gmna ? mtor ane beat 2009

    BalasHapus
  23. Punya saya beat keluaran baru gan...
    Saya pake per SVT yg 1.500 RPM dan ukuran roler saya pake yang 10 gram merk nya TDR lumayan lah aga beda tarikan nya...

    BalasHapus
  24. Bro, gmn ya motor saya vario techno 110, akselarasinya hilang, alhasil motor jadi berat dr mulai 0-40kpj apa lagi klo boncengan, tapi untuk lari 60-80 enteng .. Top speednya blm tau karna speedo mati biasanya pake gps 90-95 :( kmren abis bongkar progannya di ganti malah makin parah beratnya.. Roller oke 10 gram, mohon pencerahannya bro..

    BalasHapus
  25. Gan saya pake vario 110fi pake roller 9gr sama per cvt 1500rpm sama knalpot tsukigi tapi ko suaranya malah jadi rada berat gtu kaya yang ngeden ya gan? Apa itu ga masalah ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Roller terlalu ringan bos, coba pake 10gr percvt nya pake yg ori

      Hapus
  26. Bro motor saya beat Fi 2014 saya pke roller 8grm kira2 per cvt nya yg brp ya??

    BalasHapus
  27. Gan motor saya beat pop fi esp saya roller pake 7gr per cvt masih standar per kanvas otomatis masih rata kalo mau naikin top speed per cvt sama per kanvas otomatisnya pake yang berapa rpm?

    BalasHapus
  28. motor ane beat karbu 2010 barusan ganti roller 9 gram merk TDR, untuk tarikan enak cuma sayang putaran CVT jadi lebih cepat jadi aga berisik.

    BalasHapus
  29. Motor saya Beat Injeksi, bisa sampe 150km/+
    1. Roller sy pake 7gram 3biji 8gram 2biji, jd sy hanya pakai 5roller.
    2. Rumah roller dipapas sesuai kenyamanan motor.
    3. Ganjal ring tipis pada tutup rumah roller yg menghubungkan ke bos
    4. Per CVT 1000RPM sy ganjal dengan ring seher 3, di depan1, di belakang2.
    5. Per 3, atau per ganda 1500rpm.
    6. Kampas ganda sy ganti pakai kampas truck
    7. V-belt TDR.
    8. Noke ass babat sesuai kenyamanan motor..
    9. Koil kawahara
    10. CDI BRT
    11. Knalpot tsukigi
    Hasil nya motor anda bisa kaya kuda, bisa diajak standing2an, bisa diadu kecepatan sm motor 125/135cc, sm 150cc berani asal mainkan cdi nya dan mngkin akan kesusul apabila 150cc sudah mencapai perfomaa gigi / clutch 4..
    Saran : menggunakan pertamax turbo.

    Ingat jgn ugal2an di jalan..

    BalasHapus
  30. Mau tanya gan,emang per cvt beat fi brapa rpm sih, bukannya 1000 rpm yah???

    BalasHapus
  31. Wess mau tanya nih Klo Per cvt tdr 1000 rpm beat buat vario 110 kira2 tarikannya gimana Yo ... trims

    BalasHapus
  32. roller 10.grm rata cocoknya pakai per cvt yg berapa rpm ?

    BalasHapus
  33. Motor sya beat f1 roller 10gr per cvt 1500 per kopling 1500 suara awar berisik x dan ngeden sy ganti per cvt stdr agak lumayan jd biar putaran ringan dan suara tdk nengaung bgusnya bgaimana mohon petunjuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kako menurut sy baik nya per cvt sm per kopling pake yg stndar atau yg 1000 rpm aja supaya suaranya tidak ngaung. Kecuali bila mesin sdh di bore up.

      Hapus
  34. Mohon masukan nya agan agan para suhu suhu kami ...


    Motor saya beat 2010 karbu tentunya .. ada saran dari bengkel saya pake rumah roller punya vario aja mas enak rpm tinggi nya .. kebetulan tadi saya beli rumah roller nya kosong yang punya vario 110cc nya ,ada nya punya honda beat fi ? Disitu saya bingung ngepas tidak yah kalau beli , dari pada saya pusing pusing langsung saya beli punya honda beat fi dan sekalian beli roller punya vario dari prosuk KTC ukuran di seling 9_8 dan sekalian per CVT saya sekalian beli ukuran 1500

    Dan pertanyaan saya bisakah dan enakah semua barang yang tadi di beli jiga di pasang semua? Motor saya udah di bore up spek 54


    Minta penjelasan nya para suhu

    BalasHapus
  35. Gan mau nanya motor ane scoopy fi kira" kalo pake per cvt 1500rpm dan roller pake yg 8 gram gimana ya kira" ?
    Mohon pencerahannya :)

    BalasHapus
  36. Gan saya beat 2009 saya ganti roller 8gr per 1500 rpm kok makin menurun performanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. per cvt pke yg 1000rpm aja, loler 9/10gr pasti enak gan

      Hapus
  37. Mohon maaf nih suhu, motor saya beat fi thn 2015 pengen kenceng pas di awal ngacir itu pake roller yg brp gram merk apa, sma per cvt brp rpm?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai roller 9gr aj merk brt
      Per cvt pakai yg std aja atau pakai yg 1000rpm

      Hapus
    2. kalo misalkan roller 10gr per cvt 1000rpm yg aftermarket gmana gan ?

      per canvas ganda pakai yg berapa ya?

      Hapus
  38. Maaf suhu saya minta tolong pencerahannya.. Motos saya beat pop thun 2015. Pengen kenceng pas tarikan awal dan ngacir di tanjakan .. Yang bagus itu pakai roller berapa gram & merk apa. Sama per cvt perlu diganti gak ya ? Mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake roller 10gr merk BRT. V belt merk BRT. Per cvt cld 1000 rpm

      Hapus
  39. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  40. Gan tolong pencerahan nya,, motor saya beat fi 2014 saya ada rencana ganti rumah loller aftermaket sma loller 11gr, pulley belakang ganti 1set sma punya vario 110 karbu.
    "kira" pas gk ya racikan nya? ????

    BalasHapus
  41. ask,mas beat saya beat thn 2012.. saya baru ganti roller 8gram rata.. per cvt 1500.. bagus gak ya.. mohon sarannya ya mas..terimakasih..

    BalasHapus
  42. Gan..saya pakai all new beat esp, saya ganti roller 11grm, per cvt 1500rpm, trus saya ganti juga per kampas ganda dengan 200rpm, tapi kok digas pertama kayak gak mau jalan..
    Masalahnya ap gan...

    BalasHapus
  43. Beat fi 2012,, roller 10 gram, rumah cvt kawahara, mesin standart jeglek.. Enaknya pake per cvt yang 1.000 rpm atau yang 1.500 rpm mind.? Tolong sarannya

    BalasHapus
  44. Beat fi 2012,, roller 10 gram, rumah cvt kawahara, mesin standart jeglek.. Enaknya pake per cvt yang 1.000 rpm atau yang 1.500 rpm mind.? Tolong sarannya

    BalasHapus
  45. Beat fi 2012,, roller 10 gram, rumah cvt kawahara, mesin standart jeglek.. Enaknya pake per cvt yang 1.000 rpm atau yang 1.500 rpm mind.? Tolong sarannya

    BalasHapus
  46. Beat 2010.mesin standar pabrik. CVT bagian per1 1500rpm kawahara.per 3 1500rpm TDR. Loler 8gr..ko biasa ajah ya gan..saya mau bawahan nya nyundull..gimna ya gan..klo buat track panjang ok

    BalasHapus
  47. Gan saya punya beat fi pulli 13,5 drajat kira2 pake per cvt yg berapa dan roller yg berapa gram? Mesin sudah di bore up 53,5.

    BalasHapus
  48. kalo beat karbu orsinil ganti roller pake 7gram gimana?

    BalasHapus
  49. Scoopy karbu bisa gak pakai rumah roller scoopy injeksi,gan?

    BalasHapus
  50. Beat saya ESP 2017, porting rumah roller, drive face comp 13,5° per cvt pcx, roller 10gr, knalpot standard, lumayan, kerasa banget hentakannya.. Tes top speed nyampe 118kmj.. Tapi butuh jarak agak jauh.. Maklum tnaga standart :D kira² kalo ganti knalpot plong biar dongkrak tenaga bisa nggak ya? Pakenya apa?

    BalasHapus
  51. Saya pake beat fi 2013. Roller BRT 10gr sama v belt BRT. Per cvt pake cld 1000 rpm. Motor ngacir melayang Cuma ditarikan tengah masih kurang greget. Katanya sih gantri rumah roller racing, baru padet pas ditarik ditarikan tengah

    BalasHapus
  52. coba aja pake
    V-belt TDR
    rumah roller ori Honda (baru)
    Roller daytona 9/10 (selingan)
    Per cvt 1000rpm

    BalasHapus
  53. Minta saran bosq klu motor honda beat karbu pakai roler 7gm & 11gm ver cvt 1500 itu gimna trikanya bosq

    BalasHapus
  54. Saya punya beat karbu.. kalau pulley depan pakai punya Vario belakang ttp pakai bawaan... Ada pengaruh di akslerasi dan speed kah..

    BalasHapus
  55. ngeracik kirian motor matic mah ga ada yg pasti pas.
    soalnya bakal beda2 selera, trgantung gimana gaya riding org nya dan pruntukannya buat apa?
    Balapan atau harian?
    Mau akselerasi awal atau top speed?
    Smua ada plus minusnya.

    Ibarat makanan, ada yg suka pedes - sedang - ngga pedes.

    Saran ane sih biar ga penasaran baiknya musti coba-coba dlu gonta ganti racikan part kirian mtor matic agan.

    trus minta masukan jga ke bengkel langganan agan

    Insyaallah nanti bkal nemuin racikan yg ssuai selera

    BalasHapus
  56. Punya ane roller mix 11/15gr. Pulley bubut 13.8°. enaknya pake per cvt 1000rpm atau 1500rpm bang

    BalasHapus
  57. Punya saya beat fi stater kasar, enak pakai roller berapa gram, per cvt sama per kampas ganda nya pakai ukuran 1500 rpm

    BalasHapus